Artikel Islam: Dalam Islam Ada Hak dan Kewajiban dan Unsuk Kepantasan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Artikel ini akan kami isi pada kesempatan berikutnya ....
BACA SELENGKAPNYA ...

Anak Sholeh dan Sholehah

Adik-adik mau tahu cirri anak yang sholeh & sholehah? Kalau mau, mari simak 10 nashihat berikut ini semoga kalian semua menjadi orang-orang yang beruntung.

Ciri-ciri anak yang sholeh & sholehah:
1. Cinta kepada Allah dengan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apapun dan tidak beribadah kepada selainNya seperti beribadah kepada, Sapi, Kerbau, Matahari, Nyi Roro Kidul, Dewa-Dewi, Batu, Pohon-pohon besar, Kuburan orang sholeh, patung dan lain sebagainya.

2. Cinta kepada Muhammad SAW sebagai Nabi utusan Allah dengan mematuhi perintahnya dan menjauhi apa yang dilarangnya, serta percaya dengan risalah yang dibawanya yaitu hadits atau As-Sunnah.

3. Cinta kepada Al-Qur’an, dengan selalu membacanya, kemudian senantiasa muroja’ah berusaha menghafalnya karena orang yang menjaganya akan mendapatkan syafaat atau pertolongan kelak di hari kiamat atau hari pembalasan.

4. Cinta kepada shahabat-shahabat Muhammad SAW yang turut membela dan memperjuangkan Islam disisi Rasulullah SAW dengan tidak membenci mereka ataupun mencaci mereka.

5. Cinta kepada Keluarga Rasulullah yang turut berjuang bersama Rasulullah menyebarkan Islam ke seluruh negeri dan cinta kepada orang-orang yang selalu mengikuti jalannya Rasulullah SAW.

6. Cinta Sholat lima waktu dengan tidak sekalipun meninggalkannya serta mengerjakan sholat-sholat sunnah, bagi anak laki-laki berjama’ah di Masjid dan anak perempuan sholat di rumah mereka tepat pada waktunya.

7. Cinta masjid, karena masjid adalah rumah Allah dengan tidak membuat keributan di dalamnya serta tidak bercanda atau tertawa ketika sholat karena cinta mereka kepada Allah dan menghargai rumah Allah.

8. Cinta kepada kedua orang tua, dengan mematuhi perintahnya, tidak menyakiti hati mereka, selalu berbuat baik kepada mereka, berusaha menyenangkan hati orang tua dan tidak menyusahkan atau membandel terhadap keduanya.

9. Cinta kepada saudara, adik-kakak, kakek-nenek, paman-bibi, tetangga dan seluruh kaum muslimin di seluruh dunia.

10. Cinta dan sayang kepada fakir miskin, anak terlantar, anak yatim, dengan memberikan bantuan sesuai dengan keperluan mereka dan perduli serta tidak mencemooh atau mengolok-olok mereka sebab mereka adalah juga hamba Allah.
Semoga adik-adik bisa mengambil pelajaran dari 10 ciri anak sholeh dan sholehah ini. Amin

Rasulullah SAW = Muhammad SAW

http://www.mentariindonesia.sch.id/artikel/127-ciri-anak-sholeh-dan-sholehah
BACA SELENGKAPNYA ...

Marawis

Jakarta - Marawis tidak jauh beda dengan alat musik hadroh yang lebih dikenal oleh masyarakat betawi dengan rebana hadroh, begitu pula marawis adalah alat musik nasyid yang sering diperdengarkan atau dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu atau nasyid yang bernuansakan sholawat kepada Nabi Muhammad dan juga puji-pujian kepada Allah.
Musik marawis sudah sangat lama sekali dikenal oleh masyarakat betawi, karena kebetulan ini adalah alat music yang paling sangat digemari hingga kini, dan juga hadroh yang akhir-akhir ini mulai digemari oleh banyak kalangan khususnya di daerah-daerah yang berbasis Islam seperti kebanyakan masyarakat betawi pada umumnya dan Islam pada khususnya akan terasa lebih nikmat dan nyaman ketika dalam suatu acara-acara resmi seperti, kawinan atau pernikahan, khitanan, peringatan maulid nabi dan lain sebagainya akan seru dan semangat juga menambah kesemarakan suasana dalam memanjatkan puji-pujian dan sholawat.

Satu set perlengkapan alat musik marawis sangat beragam dan banyak yang kalo dihitung secarapersonel lengkap harus ada sekitar 12 orang, diantaranya, bagian marawis yang berjumlah 8, hajir 1 buah, kemudian 2 dumbuk yaitu dumbuk pinggang dan dumbuk batu, dan kemudian simbal. Harga satu set alat musik marawis sangatlah bervariasi mulai dari 1.5 juta, 2 juta, 3 juta bahkan ada yang sampai 6 juta per setnya jika ditambah dengan tambahan alat-alat lain, tergantung peminat. Ada beberapa tempat pengrajin alat-alat musik yang bernuansa Islami tersebut diantaranya; Jepara, Jepara adalah penghasil pertama alat-alat musik yang bernuansa ukir dan sangat terkenal dengan ukirannya untuk jenis pekerjaan apapun, kemudian Semarang, Tegal, Rembang dan masih banyak lagi tempat di Jawa Tengah, kemudian di Jawa Barat ada di Cirebon, Bandung, Bogor, dan ada pula yang di daerah Jakarta, semua itu mempunyai cirri khas masing-masing dan punya kualitas masing-masing.

Banyak sekali group marawis yang sangat terkenal baik di Jakarta maupun di jawa barat dan Jawa Tengah, dari mulai yang personelnya terdiri dari anak umur 12 tahun kebawah, 12 tahun keatas dan ada pula yang orang seumuran 25-30an, namun tetap selalu enak dinikmati.

Mencoba memainkan alat musik marawis adalah suatu keunikan dan kenikmatan tersendiri, kita tidak akan merasakan nikmat jika belum mencoba, bagi yang berminat dan ingin merasakan nikmatnya bermain musik dengan alat musik marawis silahkan mencoba sedikit demi sdikit akan merasakan nikmat dengan alunan musik marawis. (Syukur)

http://sawah-subur.blogspot.com/2011/10/musik-marawis.html
BACA SELENGKAPNYA ...

Dosa dan Azab Anak Durhaka


“Dosa-dosa besar adalah menyekutukan Allah, dan durhaka kepada orang tua, dan membunuh manusia dan sumpah palsu”. (H.R. Bukhari).

Pernahkan kita membuat orang tua marah, kesal, membuat orang tua kecewa, berbuat angkuh, mengucapkan kata dengan tidak sopan, menatap ortu dengan pandangan mata yang tajam, memaki ortu, bersikap keras dan mengabaikan ortu, pergi keluar rumah tanpa ijin, bahkan membuat ortu menangis sedih krn ulah kita.? (naudzubillah).
Perbuatan2 itu dalam Al-qur’an dan hadist termasuk dalam dosa besar. Allah membenci makhluk yg durhaka terhadap orang tuannya, sampai2 Allah memberikan siksa dan ancaman hukuman yang pedih bukan hanya diakhirat kelak, tp disegerakan Allah siksanya didunia.

Orang tua kita adalah makhluk mulia yg wajib dihormati, dalam tata krama islam terhadap orang tua, ada Rambu-rambu agar kita berhati-hati sepanjang hari dan terhindar dari dosa yg menakutkan (dosa terhadap ortu). sebab ada hal kecil, sederhana, dan dianggap remeh tetapi bisa melukai hati dan membuat orang tua tidak ridha kepada kita. Dosa2 terhadap orang tua harus diwaspadai, sebab dosanya sangat besar apabila kita telah melakukannya.

Bahaya-bahaya durhaka, azab dan dosa durhaka terhadap orang tua.

1. Haram masuk surga.

“Ada tiga jenis orang yang diharamkan Allah masuk surga, yaitu pemabuk berat, pendurhaka terhadap kedua orang tua, dan seorang dayyuts (merelakan kejahatan berlaku dalam keluargannya, merelakan istri dan anak perempuan selingkuh)” . [H.R. Nasa’i dan Ahmad].

2. Dimurkai Allah SWT.

“keridhaan Allah tergantung keridhaan orang tua, dan murka Allah pun tergantung pada murka kedua orang tua”. (H.R. al-Hakim).

3. Allah tidak menerima shalatnya.

“Allah tidak akan menerima shalat orang dibenci kedua orang tuannya yang tidak menganiaya kepadannya”. (H.R. Abu al-Hasan bin Makruf)

Ada tiga golongan yang Allah tidak menerima (amal kebajikannya) dari yang sunnah maupun yang fardhu, yaitu durhaka kepada orang tua, orang yang suka mengungkit-ungkit kebaikannya, dan orang yang mendustakan takdir”. (H.R. Thabrani).

4. Dipecat sebagai pengikut nabi SAW.

“bukan termasuk dari golongan kami orang yang diperluas rezekinnya oleh Allah lalu ia kikir dalam menafkahi keluargannya”. (H.R. ad-Dailamy).

5. Mendapat “gelar” kafir.

“jangan membenci kedua orang tuamu. Barang siapa mengabaikan kedua orang tua, maka dia kafir”. (H.R. Muslim).

6. Balasan azab dengan segera didunia.

Al-hakim dan al-Ashbahani, dari abu bakrah r.a. dari Nabi Saw, beliau bersauba,

“setiap dosa akan diakhirkan oleh Allah sekehendak-Nya sampai hari kiamat, kecuali dosa mendurhakai kedua orang tua. sesungguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) kepada pelakunnya didalam hidupnya sebelum mati”.

7. Tidak Diampuni Dosannya.

Dari Aisyah r.a. ia berkata, Rasulullah Saw. Bersabda,

“dikatakan kepada orang yang durhaka kepada kedua orang tua, “berbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya Aku tidak akan mengampuni. “Dan dikatakan kepada orang yang berbakti kepada orang tua, perbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya Aku mengambunimu.” (H.R. Abu Nu’aim).

8. membatalkan Seluruh Amal.

“ada tiga hal yang menyebabkan terhapusnya seluruh amal, yaitu (a) syirik kepada Allah, (b) durhaka kepada orang tua, (c) seorang alim yang dipermainkan oleh orang dungu dan jahil”. (H.R. Thabrani).

9. Haram mencium aroma surga.

Bau surga yang radiusnya sejauh 1000 tahun perjalanan itu tak bisa dirasakan oleh orang durhaka. Benar2 dahsyat.

“sesunguhnya aroma surga itu tercium dari jarak perjalanan seribu tahun, dan demi Allah tidak akan mendapatinnya barang siapa yang durhaka dan memutuskan silaturahim”. (H.R.Thabrani).

10. Terputus rezekinnya.

“apabila seseorang tidak meninggalkan doa bagi kedua orang tuannya, maka akan terputus rezekinya”. (H.R. ad-Dailamy).

Seseorang yang Tidak mendoakan kedua orang tuanya termasuk kategori orang yang durhaka terhadap orang tuannya. Oleh karena itu, orang tua wajib mendapatkan doa dari anaknya.

11. Orang yg mendapat Kerugian besar.

“sungguh kecewa dan hina, sungguh kecewa dan hina, sungguh kecewa dan hina orang yang mendapati atau salah satunnya sampai tua, lantas ia tidak dapat masuk surga”. (H.R. Muslim).

12. Dibenci Allah.

“Barang siapa ridha kepada kedua orang tuannya, berarti ia ridha kepada Allah. Dan barang siapa membenci kedua orang tua, sungguh dia membenci Allah”. (H.R. Ibnu an-Najjar).

==================

Itulah kenapa islam melarang dan melaknat anak yang durhaka kepada oang tuannyua, dosa dan siksanNya sangat pedih, dosa yg menyebabkan seseorang terjungkal kedasar neraka. semoga kita dapat mejaga perilaku dari hal-hal yang dapat menjadikan kita anak yg durhaka dan mendapat laknat Allah. Naudzubillah..

“Dan rabb-mu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu-bapakmu dengan sebaik-baiknya”. (Q.S. al-Isra’ [17]: 23).

http://sapta06.wordpress.com/2010/05/22/249/
BACA SELENGKAPNYA ...

link

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...